CARA
MENGATASI PERILAKU SISWA YANG SULIT DIATUR
PADA
PROSES PEMBELAJARAN
A.
PENDAHULUAN
Kita
menyadari bahwa peserta didik memiliki bermacam cara belajar. Sebagian siswa
belajar dengan sangat baik hanya dengan melihat orang lain melakukannya.
Biasanya kelompok ini menyukai penyajian informasi yang runtut. Mereka lebih
suka menuliskan apa yang dikatakan guru. Selama pelajaran, mereka biasanya diam
dan jarang terganggu oleh kebisingan , kelompok
ini disebut kelompok visual. Sebagian yang lain biasanya tidak sungkan-sungkan
untuk memperhatikan apa yang dikerjakan guru dan membuat catatan. Kelompok ini
mengandalkan kemampuan untuk mendengar dan mengingat, kelompok ini disebut kelompok auditori. Ada juga
sebagian siswa yang selama pelajaran mereka banyak bicara, mudah
teralihkan perhatiannya oleh suara kebisingan. Mereka cenderung impulsife,
kurang sabaran, mengganggu bahkan gelisah bila tidak bisa leluasa bergerak dan
mengerjakan sesuatu. kelompok ini
disebut kelompok kinestetik.
Dalam
proses belajar mengajar dengan penggunaan teknik belajar aktif guru cenderung
menggunakan metode ceramah dan diskusi
yang acapkali guru dihadapkan pada persoalan pengelolaan kelas. Suasana
kelas tidak kondusif dan siswa sulit
diatur. Yang biasanya persoalan itu ditimbulkan oleh kelompok
kinestetik tersebut. Berikut penulis tawarkan beberapa cara mengatasi perilaku siswa yang sulit diatur
tersebut ketika guru menggunakan teknik
belajar aktif pada saat proses pembelajaran.
B. ALTERNTIF
CARA PEMECAHAN
Cara ini menurut hemat
penulis cocok untuk diterapkan pada beberapa siswa atau diterapkan pada seluruh
siswa. Berikut cara penanganan ketika
siswa sulit diatur:
- Buatlah tanda secara non verbal
Lakukan tatap muka
dengan siswa atau dengan mendekat kepada mereka ketika mereka asyik ngobrol,
mengantuk, atau menghibur dari partisipasi. letakan jari Anda di depan mulut
(tanpa harus memelototi) untuk memberi tanda agar siswa berhenti ngobrol. Buat
tanda “T” dengan jemari Anda untuk menghentikan perilaku yang tidak
dikehendaki.
- Dengarkan secara aktif
Ketika siswa memonopoli
diskusi, menyimpang dari persoalan, atau berdebat dengan anda, lakukan
interupsi dan menyebutkan intisari dari pendapat mereka dan kemudian meminta
siswa lain berbicara. Atau Anda dapat
mengakui nilai guna dari pendapat siswa atau undang mereka untuk
mendiskusikannya dengan anda selama istirahat
- Usahakan agar siswa tidak ada
yang mendominasi
Ketika siswa yang sama
selalu berbicara banyak di kelas sedangkan yang lain diam, ajukan pertanyaan
atau persoalan dan kemudian tanyakanlah ada berapa banyak siswa yang bisa
menjawabnya. Anda mesti mencermati siapa saja yang baru sekarang mengacungkan
jari. Tunjuk salah satu dari mereka. tehnik yang sama bisa diterapkan ketika
anda berupaya mendapatkan relawan siswa untuk bermain drama atau kegiatan
bermain peran lainnya.
- Sebutkan aturan partisipasi
Katakan kepada siswa
bahwa anda hendak menerapkan aturan sebagai berikut:
§
Tidak
boleh ada yang tertawa selama memainkan drama (tergantung dari jenis kegiatan
yang sedang diperankannya)
§
Hanya
siswa yang belum angkat bicara yang boleh berpartisipasi
§
Saling
memberikan pendapat
§
Kemukakan
pendapat sendiri bukan pendapat orang
lain.
- Gunakan humor segar
Salah satu cara untuk
mengatasi perilaku yang sulit adalah dengan memberikan humor segar kepada
siswa. Namun, hati-hatilah agar jangan sampai menyinggung, lakukan protes tanpa
membentak (misalnya, “cukup…., untuk soal itu cukup sampai di situ saja!”).
Secara bergurau, rendahkan diri Anda
(misalnya…., “Sepertinya juga Bapak layak mengalami hal ini.”) dst…
- Jalinlah hubungan pada tingkat
personal
Terlepas dari apakah
siswa yang bermasalah itu bersikap memusuhi atau minder, pastikan bahwa Anda
melakukan pendekatan kepada mereka sewaktu istirahat. Kecil kemungkinan bahwa
siswa itu terus menyulitkan Anda atau menjaga jarak dengan Anda jika Anda
memperlihatkan sikap penuh perhatian kepada mereka
- Ubahlah metode partisipasi
Kadang anda dapat
mengontrol akibat buruk yang ditimbulkan oleh siswa yang bermasalah dengan
menyisipkan format baru semisal menggunakan pasangan atau kelompok kecil
ketimbang dengan aktivitas seluruh siswa
- Abaikan saja perilaku yang tidak
begitu negatif
Jangan kelewat
mempersoalkan perilaku yang tidak begitu mengganggu. Tetap jalankan pelajaran
dan pastikan apakah perilaku itu tidak semakin parah
- Rembuklah perilaku yang sangat negatif
secara empat mata
Anda mesti menghentikan
perilaku yang menurut Anda mengganggu jalannya proses belajar mengajar.
Perintahkan dengan tegas, secara empat mata agar siswa yang bermasalah itu
mengubah perilakunya yang merugikan. Jika seluruh kelas terlibat, hentikan
pelajaran dan terangkan dengan jelas apa yang perlu dilakukan oleh siswa agar
pelajaran berlangsung secara efektif
- Jangan terlalu memasukkan ke
dalam hati persoalan yang anda hadapi
Ingat bahwa banyak
sekali perilaku bermasalah yang tidak ada kaitannya dengan Anda. Perilaku itu
disebabkan oleh ketakutan dan kebutuhan pribadi atau kemarahan yang
dilampiaskan kepada orang lain. Perhatikan dan apakah Anda bisa mengetahui
tanda-tandanya bila perilaku semacam itu timbul dan mintalah siswa untuk
mengesampingkan kondisi yang mempengaruhi keterlibatan positif di dalam kelas
C. KESIMPULAN
Agar semua kelompok cara belajar siswa bisa
belajar dengan efektif maka seyogyanya guru dalam memberikan pengajaran
hendaknya bersifat multisensori dan penuh variasi. Kebiasan guru dalam
menyajikan kegiatan belajar yang bervariatif maka akan mengakomodir keinginan
belajar siswa yang lebih baik. Keberagaman persoalan pengeloaan kelas
dimungkinkan tidak adanya kesamaan dalam mengatasi penanganan siswa tersebut. Penulis
menyadari bahwa cara-cara tersebut hanya di peroleh dari pengalaman penulis
pada saat proses pembelajaran. Akan tetapi mudah-mudahan bisa membantu bagi
Anda yang memiliki persoalan pengelolaan kelas yang sama.
Selamat mencoba!!!
ambil sekarang bonus piala dunia 2018 dari bolavita yuk.
BalasHapusLink Promo Bonus : www,bolavita,pro/promo-piala-dunia/
sabung ayam terbaik indonesia dengan minimal pasang 10rb online dari hp dan komputer live s128 sv388 cft2288
www,sabungayam,pro
www,sabungonline,org
www,ayamsabungonline,com
www,sabung-online,com
www,sabung-online,net
www,sabung-online,org
www,onlinesabungayam,net
agenpialadunia2018-blog.logdown,com
kontak kami bolavita:
WA : 081377055002
BBM PIN : BOLAVITA