Marquee

Terima Kasih Anda Telah Berkunjung Ke Blognya Jarsa

Alat Peraga

CAHAYA



















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V / 2
Standar Kompetensi : Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuan suatu
Karya / model
Kompetensi Dasar : Sifat-sifat Cahaya
Manfaat Alat : Membuktikan cahaya dapat merambat lurus

Alat dan Bahan :
1. Lilin/Lampu senter
2. Paku
3. Triplek
4. Baterai

Cara membuatnya :
1. Lubangi bagian tengah triplek dengan paku/pisau kater yang berukuran cukup besar.
2. Tegakan ke 3 triplek yang telah dilubangi bagian tengahnya dengan menggunakan jepitan kayu.
3. Beri nama masing-masing triplek : A, B dan C dengan spidol.
4. Atur letak triplek sehingga ke 3 lubang triplek tersebut sejajar.
5. Senterlah di depan lubang A.
6. Lihatlah nyala senter dari teriplek C, apakah nyala senter terlihat.
7. Geser triplek A sedikit ke arah kiri atau kanan kemudian lakukan langkah seperti langkah 6.
8. Kembalikan triplek A ke posisi awalnya, kemudian geser ke triplek B sedikit ke kiri atau ke kanan seperti langkah 6.
9. Kesimpulannya cahaya merampat dengan lurus






RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : Mempraktekan pada penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi dasar : Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Manfaat Alat ; Pemasangan Rangkaian listrik paralel

Alat dan Bahan :
1. Papan berukuran 30 x 35 cm
2. Kabel berwarna
3. Saklar
4. Bohlam 3 buah
5. Batu Batere

Cara Pembuatan :
1. Siapkan papan berukuran 30 x 35 cm
2. Pasanglah kabel pada papan
3. Pasanglah 3 bohlam pada titik yang telah ditentukan
4. Pasanglah batu baterai kemudian beri saklar
5. Hubungkan kabel, batu baterai dan sakelar

Cara Penggunaan :
1. Sambungkan sakelar, pijit lamu akan menyala.
2. Apabila lampu satu dimatikan lampu yang lain tetap menyala.
3. Rangkaian listrik seperti ini bisa dipasang di rumah-rumah





RANGKAIAN LISTRIK SERI














Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : Mempraktekan pada penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi dasar : Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Manfaat Alat ; Pemasangan Rangkaian listrik seri

Alat dan Bahan :
1. Papan berukuran 30 x 35 cm
2. Kabel berwarna
3. Saklar
4. Bohlam 2 buah
5. Batu Batere

Cara Pembuatan :
1. Siapkan papan berukuran 30 x 35 cm
2. Pasanglah kabel pada papan
3. Pasanglah 2 bohlam pada titik yang telah ditentukan
4. Pasanglah batu baterai kemudian beri saklar
5. Hubungkan kabel, batu baterai dan sakelar

Cara Penggunaan :
1. Sambungkan sakelar, pijit lamu akan menyala.
2. Apabila lampu satu dimatikan lampu yang lain akan padam.
3. Rangkaian listrik seperti ini bisa dipasang di rumah-rumah









MODEL PERNAPASAN















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi fungsi Organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi fungsi Organ pernapasan manusia
Manfaat Alat : Proses pernapasan paru-paru manusia

Alat dan Bahan :
1. Botol kemasan air minum/Stoples plastik
2. Dua buah balon.
3. 1 lembar karet balon
4. karet gelang
5. lem
6. pisau cutter

Cara Pembuatan :
1. Lubangi bagian bawah botol plastik bekas kemasan air minum/stoples pelastik.
2. Buatlah pipa berbentuk huruf y dari plastik atau dari bambu kecil.
3. Rekatkan kedua balon pada tiap-tiap ujung pipa y, ikat dengan karet gelang supaya tidak
Lepas.
4. Masukan pipa y yang sudah dieratkan dengan balon dari bagian bawah botol plastik.
5. Tutup bagian bawah botol plastik dengan lembarabn karet balon.
6. Tutup bagian atas botol plastik dan rekatkan tutupnya dengan menggunakan plastisin.

Cara Penggunaan :
1. Ketika lembaran balon ditarik kedua balon akan mengembang karena volume dam botol membesar akibatnya tekanan turun, udara dari luar masuk ke dalam pipa y menuju balon.





LAMPU LALU LINTAS
















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya penghematan energi
Kompetensi dasar : Membuat karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/
Model lampu lalu lintas/kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan
rumah
Manfaat Alat : Untuk menjelaskan rambu-rambu lalu lintas dengan menggunakan energi
listrik

Alat dan Bahan :
1. 3 buah bohlam lampu ( merah, kuning, hijau).
2. Batu baterai 3 volt ( 2 baterai 1,5 V)
3. Kabel kecil kira-kira 2 m
4. Lakban perekat.
5. Sakelar
6. 3 tempat bola lampu

Cara pembuatan :
1. Buatlah tiang lampu lalu lintas dari papan.
2. Pasangkan 3 lampu secara berurutan ( merah, kuning, hijau ) pada papan tiang lalu lintas.
3. Pasangkan kabel berwarna dan hubungkan ke batu baterai.
4. Pasangkan sakelar dan beri tanda untuk tiap warna lampu.

Cara Penggunaan :
Jika salah satu sakelar ditekan, maka hanya satu lampu yang menyala, ketika sakelar dihubungkan, maka ada arus listrik yang mengalir pada rangkaian.





BEJANA BERHUBUNGAN














Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : III/I
Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
Kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan,meliputi benda
Padat, cair dan gas.
Manfaat Alat : Alat peraga pembelajaran sederhana ini dipergunakan untuk menunjukan
Kepada siswa mengenai sifat air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke
Tempat yang rendah. Dan membuktikan permukaan air selalu mendatar.

Alat dan Bahan :
1. 2 buah botol plastik.
2. Selang plastik transparan 50 cm.
3. Kawat pengikat/karet
4. Pisau
5. Lem plastik

Cara Pembuatan :
1. Lubangi botol bagian atas dan bawah.
2. Masukan selang pada lubang-lubang tersebut.
3. Rekatkan ujung selang dengan lem plastik agar kedap udara dan kedap air.

Cara Penggunaan :
1. Isilah botol dengan air berwarna (agar air tampak lebih jelas).
2. Biarkan air mengalir melalui selang menuju botol-botol yang lain, amati ketinggian dan Volume air tersebut







PROSES PENJERNIHAN AIR














Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan
Penggunaan sumber daya alam
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhinya
Manfaat Alat : Menjelaskan proses penjernihan air

Alat dan Bahan :
1. Papan
2. Paku
3. 3 botol bekas air minum kemasan
4. Selang
5. Injuk
6. Batu koral
7. Arang

Cara Pembuatan :
1. Potonglah papan kemudian paku, bentuklah supaya ada perbedaan tinggi rendah.
2. Potonglah botol air kemasan supaya rapih gunakan pisau cutter.
3. Lubangi botol kemasan tadi sebesar selang yang ada
4. Masukan selang lalu beri lem plastik agar tidak bocor.
5. Masukan bahan seperti kerikil, arang, injuk, di paling atas.
6. Tuangkan air kotor, amatilah air yang keluar melalui selang bawah.

Proses Kerja Alat :
Air kotor secara perlahan mengalir ke bawah melalui batu kerikil, arang, injuk akhirnya mengendap dan tersaring dan mengalirlah air bersih.




PERISKOP














Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau
Model.
Kompetensi dasar : Membuat suatu karya atau model misalnya periskop atau lensa dari bahan-
Bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
Manfaat Alat : Periskop (meneropong objek yang berada di atas permukaan seperti halnya
Periskop kapal selam.

Alat dan Bahan :
1. kardus berbentuk persegi panjang/paralon.
2. Potongan cermin 3 x 4 cm
3. Lem
4. Cutter/pisau

Cara Pembuatan :
1. Buatlah persegi pada bagian depan atas kotak dengan ukuran 3 cm x 3 cm.
2. Lubangi bagian persegi tersebut dengan menggunakan cutter
3. Letakan cermin pada bagian atas dan bawah tersebut dengan posisi miring dan bagian depan cermin menghadap ke bawah, dan rekatkan dengan isolatip.
4. Apa yang terjadi ?

Cara Penggunaan :
Banyangan benda atau objek yang sedang dilihat masuk ke cermin satu melalui lubang A bayangan benda dipantulkan dari cermin 1 ke cermin 2 dan oleh cermin ke 2 dipantulkan lagi melalui lubang B.







CAKRAM WARNA













Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya
Atau model
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
Manfaat Alat : Untuk membutikan bahwa pelangi terdiri dari 7 warna.

Alat dan Bahan :
1. Triplek
2. Spidol Warna (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu )
3. Jangka
4. Pensil
5. Lem
6. Pisau Cutter
7. Gunting
8. Benang kasur
9. Penggaris

Cara pembuatan :
1. Buatlah lingkaran pada triplek/karton putih dengan jari-jari 15 cm.
2. Bagilah lingkaran tersebut dengan 7 bagian sama besar.
3. Warnailah masing-masing bagian sesuai dengan warna (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu )
4. Buatlah 2 lubang di tengah lingkaran cakram warna.
5. Masukan benang kasur melalui kedua lubang dan ikat kedua unjung tali.

Cara Penggunaan :
Pegang kedua ujung tali dan putar-putarkan cakram sehingga tali memendek, setelah tal;i menguat lepaskan kedua ujung tali sehingga cakram warna berputar dengan sendirinya. Pada saat berputar 7 warna pada cakram akan berubah menjadi putih.




MECARI FPB DAN KPK










Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan
masalah
Kompetensi dasar : Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan
Terbesar (FPB)

Alat dan Bahan :
1. Papan
2. Paku
3. kayu
4. Cat
5. Gergaji
6. Spidol
Cara Pembuatan :
1. Papan dipotong dengan ukuran 2 x 5 cm sepanjang 70 cm.
2. Tarik garis lurus pada permukaan kayu dan beri titik-titik pada permukaan tersebut dengan jarak masing-masing 3 cm.
3. Tancapkan paku-paku tersebut hingga 30 paku.
4. Setiap paku tuliskan angka 1 hingga 30 dengan menggunakan spidol.
5. Potonglah kayu kecil-kecil sebanyak yang dibutuhkan untuk membuat manik-manik (dekak).
6. Lubangi tengahnya dengan paku.
7. Warnailah manik-manik dengan warna hitam dan kuning menggunakan cat.
Cara Penggunaan :
Mecari bilangan KPK
Contoh :
Mencari KPK kelipatan 3 dan 4 :
- Masukan manik-manik atau dekak di tiap-tiap bilangan yang menggunakan kelipan 3 dan 4, kelipan 3 : 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, dst menggunakan manik-manik hitam. Kelipatan 4 : 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28 dst menggunakan manik-manik kuning. Pada papan bilangan akan terlihat bahwa pada bilangan 12 akan terisi dengan 2 manik-manik berwarna hitam dan kuning.
Jadi KPK dari 3 dan 4 adalah kelipatan sekutu ( sama ) yang terkecil adalah 12.
Mencari FPB dari 12 dan 20 :
- Masukan manik-manik faktor dari 12 dan 20 paktor (pembagi ) dari 12: 1, 2, 3, 4, 6, dan 12. Faktor pembagi dari 20 : 1, 2, 4, 5, 10 dan 20.
Pada papan bilangan akan terlihat pada paku dengan bilangan 4 ada 2 manik-manik.
Jadi FPB dari 12 dan 20 adalah faktor sekutu atau sama yang terbesar yaitu 4.
JUNGKAT JUNGKIT





















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta fungsinya
Kompetensi dasar : Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih
Mudah dan lebih cepat
Manfaat Alat : Menjelaskan letak titik tumpu, beban dan kuasa

Alat dan Bahan :
1. Papan
2. Paku
3. Gergaji
4. Cat
5. Pisau

Cara pembuatannya :
1. Buatlah sketsa bentuk jungkat jungkit ayang akan dibentuk
2. Potong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan
3. Buatlah dudukan terlebih dahulu untuk menempelkan tiang jungkat jungkit
4. Pasang lengan pada tiang dengan panjang lengan yang sama dengan cara dipaku supaya lengan seimbang.

Cara Penggunaan :
1. Memberikan penjelasan singkat tentang alat yang akan digunakan
2. Tunjukkan kepada siswa letak beban, titik tumpu dan kuasa
3. Tunjukan pula tentang lengan beban dan lengan kuasa
4. Selanjutnya siswa ditugaskan untuk menjelaskan tentang letak beban, titik tumpu dan kuasa pada jenis pengungkit yang lain yang termasuk pengungkit golongan pertama


RUMAH SEHAT














Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : 1 /1
Standar Kompetensi : Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
Kompetensi dasar : Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
Manfaat Alat : Menjelaskan tentang ciri-ciri rumah sehat

Alat dan Bahan :
1. Kertas karton
2. Lem
3. Gunting
4. Kardus
5. Spidol
6. Penggaris

Cara Pembuatannya :
1. Buatlah sketsa atau denah tertentu yang diinginkan.
2. Bentuk kertas dengan menggunakan gunting sesuai dengan denah yang akan dibentuk
3. Berilah lubang pintu dan jendela dengan warna yang berbeda
4. Tempel kertas yang sudah berbentuk pada papan alas
5. Tempelkan kertas sebagai atapnya sehingga membentuk sebuah rumah.
6. Buatlah halaman sedemikian rupa sehingga membentuk rumah sehat

Cara Penggunaannya :
1. Perkenalkan alat yang akan digunakan
2. Guru menugaskan siswa untuk mengamati model rumah sehat yang akan digunakan
3. Siswa menyebutkan ciri-ciri rumah sehat dari model tersebut.






UDARA MEMILIKI BERAT















Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/ 1
Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai
Cara penggunaan benda berdasrkan sifatnya
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
Manfaat Alat : menjelaskan sifat udara memiliki berat

Alat dan Bahan :
1. Kayu
2. Balon
3. Paku
4. Gergaji Pisau
5. Cat
6. Tali pengikat

Cara Pembuatannya :

1. Buatlah sketsa bentuk timbangan yang akan dibentuk
2. Potong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan
3. Buatlah dudukan terlebih dahulu untuk menempelkan tiang timbangan
4. Pasang lengan pada tiang dengan panjang lengan yang sama dengan cara dipaku supaya lengan seimbang.
5. Pasang balon di kedua ujung lengan timbangan

Cara Penggunaannya :
1. Perkenalkan alat yang akan digunakan
2. Pasanglah balon yang sama besar di kedua ujung lengan beban
3. Menugaskan siswa untuk mengamati keadaan timbangan tersebut
4. Selanjutnya balon yang satu ditusuk agar udaranya keluar
5. Menugaskan siswa untuk mengamati kembali kedua balon yang ditimbang tadi.

DIORAMA


















Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V / II
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Manfaat Alat :
Alat dan Bahan :
1. Kardus
2. Lem
3. Pisau
4. Gunting
5. Karton
Cara pembuatan :
1. Buatlah kotak bekas air kemasan aqua, dilapisi karton berwana. Lalu dilem dengan rapih.
2. Buatlah gambar orang, meja, kursi, bendera, pagar, tanaman lalu digunting.
3. Tempelkan gambar tadi pada kotak sebagai tempat ruangan.
4. Hiasi ruangan dengan gambar bendera, pagar dan tanaman supaya menarik.




3 komentar:

  1. Salam hangat Pak Guru tulisannya bermanfaat untuk tugas kuliah saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya .. sama-sama, hanya untuk berbagi .. semoga bermanfaat....

      Hapus
  2. gmna membuat alat peraga pada pelajaran garis lurus

    BalasHapus